Menjadi Gerasi yang Kritis dan Inovatif dengan Penelitian

Penelitian di bidang ilmu komputer, teknologi informasi dan sistem informasi, penelitian merupakan suatu hal yang penting yang harus dilakukan guna berlangsungnya perkembangan dari ilmu pengetahuan itu sendiri. Seperti yang kita ketahui bahwa bidang ilmu komputer adalah sebuah bidang yang sangat dinamis, terutama pada teknologi informasi, sehingga penelitian merupakan hal yang mutlak untuk dilakukan. Penelitian yang di maksud adalah sebuah penelitian ilmiah. Penelitian ilmiah adalah aplikasi secara formal dan sistematis dari metode ilmiah untuk mempelajari dan menjawab permasalahan. Tujuan dari penelitian identik dengan tujuan ilmu pengetahuan pada umumnya, yaitu membuat penjelasan, menyusun prediksi, serta mengendalikan fenomena yang terjadi dalam suatu batasan yang ditentukan.

Untuk itu, Program studi Informatika Fakultas Teknik UM Pontianak mengadakan suatu seminar terkait Metodologi Penelitian Bidang Informatika 2020 dengan mengangkat tema โ€œMenjadi Pelopor Penelitian Yang Inovatif Dan Kolabaratifโ€. Adapun pembicara dalam seminar tersebut Prof.Dr Ema Utami, S.Si.,M.Kom dari Universitas AMIKOM Yogyakarta, Dr. Suwanto Raharjo, S.Si.,M.Kom dari IST AKPRIND Yogyakarta dan Dr. Edhy Sutanto, ST.,M.Kom   IST AKPRIND Yogyakarta. Seminar Turut hadair dalam kegiatan tersebut para dosen di lingkungan Fakultas Teknik dan para mahasiswa Teknik  Informatika.

Mengapa melakukan penelitian, berbicara penelitian setidaknya berangkat dari masalah penelitian, mungkin sudah diketahui metode pemecahannya namun belum diketahui metode pemecahannya yang lebih baik. Penelitian melatih genrasi yang kritis dan inovatif. Seminar ini mengajak para mahasiswa senang dengan metode penelitian dalam bidang informatika. Mengingat para peserta yang hadir adalah mahasiwa yang siap akan mengerjakan skripsi. Salah satu nara sumber perpesan bahwa mengerjakan skripsi jangan malas, jangan menunda-nunda, berhenti mengeluh tentang revisi, proaktif dan terakhir jangan menyerah.  

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *